5 Gorengan Enak Pendamping Minum Kopi

Gorengan khas priangan penambah selera

0
3290
gorengan
Macam-macam gorengan. sumber : indonesiatravel.com

Bandung, Menikmati sore hari dengan meminum secangkir kopi tidaklah lengkap jika tidak ditemani dengan gorengan enak yang hangat dan menggugah selera, terutama jika anda adalah penikmat kopi yang meluangkan waktu di sore hari, sambil melepas lelah setelah beraktifitas seharian.

Dengan adanya gorengan enak pendamping minum kopi, BV’ers akan merasakan sensasi yang lebih santai dan menyenangkan, apalagi jika dinikmati bersama dengan teman atau orang yang kita sayangi, maka jadilah Quality Time, apa sajakah gorengan enak tersebut?

  1. Gehu atau Tahu isi Toge
Gehu
Gehu ~ Toge & Tahu

Gehu atau kepanjangannya “Toge Jeung Tahu” yang artinya adalah “Toge dan Tahu” adalah makanan masyarakat Priangan, yang dibuat dari tahu yang diisi oleh toge lalu dimasukan kedalam adonan terigu dan digoreng.

Gorengan enak ini biasa dikonsumsi sebagai pendamping minum kopi atau teh, dan jika ingin pedas bisa dimakan dengan cabe rawit. (Sekarang sudah ada varian Gehu Pedas dimana potongan cabe rawit dicampurkan dengan toge yang diisikan kedalam tahu).

  1. Combro
Combro
Combro. sumber: ensiklopediaindonesia.com

Combro atau comro adalah singkatan dari “Oncom di jero” yang artinya adalah “Oncom di dalam” tepatnya adalah “didalamnya ada oncom”, merupakan gorengan enak khas priangan lain yang berbahan baku singkong yang dibentuk bulat dan didalamnya diisikan sambal oncom kemudian digoreng.

Dalam perjalan waktu saat ini, comro memiliki berbagai macam tingkat pedas yang berbeda dan diberikan Level oleh berapa pedagang gorengan tertentu di daerah Bandung.

 

  1. Bala bala atau bakwan

bala-balaBala bala atau didaerah lain dikenal dengan nama bakwan adalah penganan pendamping kopi yang perlu untuk dipertimbangkan, penganan ini adalah campuran antara toge, kol dan wortel yang dimasukan kedalam adonan terigu dan selanjutnya digoreng.

Bala bala sebagai gorengan enak ini, selain dijadikan cemilan atau penganan ringan, dapat dijadikan sebagai lauk untuk makan dan penambah variasi dalam asupan makanan utama kita.

  1. Cireng

cirengCireng adalah singkatan dari kata “aci digoreng” yang artinya adalah “tepung kanji yang digoreng”, makanan ringan yang berasal dari daerah priangan ini dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama Aci atau tepung kanji atau tepung yang digoreng. Pada saat ini penganan ini sudah dijual dalam berbagai variasi rasa dan sudah ada yang dijual dalam kemasan siap goreng.

  1. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah cemilan gorengan yang sudah ada dan tersebar diseluruh Indonesia, dari namanya sudah jelas terlihat bahan utama dari cemilan ini adalah PASTI PISANG yang digoreng, oleh karena itu disebut pisang goreng.