Braga Permai Kuliner Bersejarah Kota Bandung

0
2159
Braga Permai
Braga Permai Bandung

Sebagai salah satu restoran tertua yang ada di Bandung, tempat ini memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Maison Bogerijen adalah restoran elit se-Bandung di jamannya, Maison diambil dari bahasa Perancis yang artinya rumah dan Bogerijn diambil dari nama pemilik tempat ini, L. van Bogerijn. Didirikan pada tahun 1918 dan kemudian berpindah di tengah sepanjang Jalan Braga (Bragaweg), yang menjadi Fifth Avenue Bandung pada tahun 1937-an. Demikian cerita singkat mengenai Restoran Legendaris yang kini kita kenal dengan nama Restoran Braga Permai.

Braga Permai Dulu

Braga Permai Bandung Tempo Doeloe
Maison Bogerijn – Bandung

Maison Bogerijn atau Braga Permai (saat ini) merupakan salah satu tempat berkumpulnya para orang-orang kelas atas untuk menyantap berbagai makanan dan minuman. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika tempat ini banyak menyedikan aneka makanan Eropa, dengan menggunakan bahasa Perancis.

Ketika itu ada keistimewaan yang tidak didapatkan oleh restoran lainnya, Maison Bogerijn medapat ijin untuk menyajikan kue khas Kerajaan Belanda dan bagi yang ingin menikmati makanan khas tersebut harus memesan jauh-jauh hari sebelumnya. Selain makanan berat dan kue khas kerajaan, roti dan kue kering yang sangat terkenal sebagai makanan pokok orang Belanda juga dapat dipesan di tempat ini.
Weekend menjadi hari yang sangat sibuk para pegawai, mereka harus bekerja lebih giat daripada hari-hari biasanya. Bagaimana tidak? Setiap Sabtu, restoran elit ini selalu menerima banyak pesanan dari pelanggan. Jika siang hari restoran ini di datangi oleh pelanggan-pelanggan dari kalangan dunia pendidikan, maka pada malam harinya giliran kalangan pengusaha Preanger Planters yang melepaskan lelah dari pekerjaan kebun mereka di kawasan Bandung Utara.

Braga Permai Sekarang

Bangunan tua yang masih ada sudah seyogyanya di rawat dan dilindungi keberadaanya. Namun sungguh amat disayangkan, banyak bangunan tua di Kota Bandung yang tidak terpelihara, bahkan sudah banyak yang dihancurkan demi sekian ribu alasan pembangungan kota. Demikian pula dengan Restoran Braga Permai saat ini atau Restoran Maison Bogerijn terdahulu . Bangunan bersejarah ini telah kehilangan bentuk aslinya, bahkan namanya pun sejak tahun 1960 berubah menjadi Braga Permai.Sungguh teramat banyak “alasan” yang tidak mendukung pelestarian terhadap bangunan-bangunan bersejarah di Kota Bandung ini.

Kue Kering Khas
Hidangan Pembuka – Braga Permai Bandung

Ya bentuk bangunan dan nama Restoran ini sudah berubah. Meskipun demikian tempat ini bisa dikatakan sangat beruntung, para pecinta sejarah dan bule-bule luar negeri masih menjadikan Braga Permai menjadi tempat favorit mereka untuk bernostalgia akan suasana Braga sambil menikmati makanan-makanan khas ditempat ini. Anda “mungkin” masih bisa mendapatkan kue-kue kering khas Maison Bogerijn dan juga kue manis ala Braga Permai lainnya.

 

Teras Braga Permai Bandung
Menyantap Makanan Khas Sambil Ditemani Alunan Musik Oldiest

Makanan-makanan khas ini yang layak anda coba jika anda berkunjung ke tempat ini. Bagaimana dengan yang tidak suka dengan menu makanan Eropa? Jangan khawatir, Restoran Braga Permai kini telah menyediakan berbagai macam menu pilihan makanan : Indonesian Food, Chinese Food, etc. Jadi bagi anda yang singgah ke Kota Bandung, jangan lewatkan tempat dan kuliner bersejarah yang satu ini. Anda bisa menikmati suasana Braga notabene belum terlalu banyak perubahan signifikan, sambil menikmati menu-menu khas restoran ini ditemani alunan musik oldiest. Selamat menikmati, cheers.