Kenikmatan Dalam Kesederhanaan Masakan Cina

0
2119
Chinese Food
Chinese Food

Sekilas Mengenai Chinese Food?

Apa yang ada di benak anda tentang Chinese Food ? Bahan-bahan utama seperti bumbu dan rempah-rempah lainnya memang menjadi salah satu faktor yang membuat setiap masakan terasa enak. Istilah Chinese Food di daratan Cina mengacu pada variasi dari seluruh suku, bangsa, agama  dan tradisi yang berkembang di negara tersebut. Meskipun demikian, Chinese Food yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia adalah masakan etnis Han. Pengaruh masakan etnis Han ada disetiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia. Filosofi Chinese Food sendiri yaitu makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, betapapun sederhana bahan-bahan yang digunakannya.

Chinese Food sebenarnya menggunakan berbagai macam bahan alami seperti rebung, akar bunga teratai, sirip ikan hiu, sarang burung walet, bunga lili dan sebagainya. Ini yang membuat kebanyakan orang menganggap Chinese Food sebagai kuliner yang eksotis. Kebanyakan menu Chinese Food hidangan terdiri dari berbagai campuran bahan, dimana daging dan sayuran biasanya disajikan bersamaan. Aneka bumbu dan perasa ditambahkan baik pada saat mengolah bahan maupun saat memasak. Sayur dan daging dipotong dalam ukuran kecil, selain agar mudah untuk dimakan juga agar bumbu dapat cepat meresap, sehingga dapat mempersingkat waktu masak dan menghemat bahan bakar.

Metode Chao – Chinese Food

Chao Method
Chao Method

Orang Tionghoa pada khususnya menciptakan suatu metode dalam membuat masakan. Metode tersebut yaitu metode chao, memasak cepat dengan sedikit minyak di atas panas tinggi, kemudian mengoseng serta membakarnya dengan api. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan rasa, kesegaran dan kelembutan masakan. Singkatnya sayur yang dimasak dengan metode ini rasanya garing dan warnanya jadi lebih menarik.

Fujian, Jiangsu, Zhejiang - Chinese Food
Fujian, Jiangsu, Zhejiang – Chinese Food

Delapan Besar Chinese Food

  • Masakan Shandong (Shantung/Lu). Masakan ini mewakili kuliner Cina Utara. Bahan pokok dengan tepung gandum. Masakan daerah ini dikenal dengan metode memasak memakai kaldu arak.
  • Masakan Henan (Honan). Masakan yang dihidangkan dengan saus asam manis.
  • Masakan Sichuan (Szechwan). Masakan ini menggunakan banyak cabai sehingga pedas rasanya. Masakan terkenalnya antara lain jamur dan daging asin.
  • Masakan Jiangsu. Masakan ini termasuk khusus, karena dibuat dari bahan-bahan yang dipilih secara seksama, mulai dari daun teh segar, rebung, jamur buah pir dan jujube.
  • Masakan Zhejiang. Termasuk kategori masakan tidak berlemak, dikenal menghasilkan rasa segar, empuk dan harum yang lembut.
  • Masakan Anhui. Masakan ini menggunakan metode memasak yang seksama, menggunakan bahan-bahan khusus yang umumnya didapat dari wilayah pengunungan.
  • Masakan Fujian (Fukien/Hokkien). Masakan ini merupakan hidangan berbahan dasar makanan laut. Dikenal dengan penggunaan gula dan hongzao (jujube merah) sebagai bahan masakan.
  • Masakan Guangdong (Kwangtung/Kanton). Masakan yang dikenal paling beragam dan meriah karena menggunakan bahan-bahan pilihan yaitu bumbu dari herbal dan rempah-rempah. Ciri khas dari masakan ini yaitu menggunakan kaldu yang kental dan pekat.

Demikian ulasan singkat seputar Chinese Food, semoga bisa menambah wawasan dunia kuliner kita. (jnt)