Lotek Legendaris Yang Masih Bertahan di Bandung

0
2096
Lotek Khas Bandung
Dua Lotek Legendaris di Bandung

Menu makanan apapula lotek ini? Sebagian besar dari anda tentu sudah mengenal lotek, jika belum anda bisa melihat ulasan singkatnya di Makanan Vegetarian Khas Bandung. Dari dahulu hingga sekarang, lotek merupakan makanan sederhana yang nikmat dan sehat untuk disantap. Anda tidak akan sulit menemukan makanan ini, banyak tempat penjual lotek yang bisa anda temui di Bandung. Namun kali ini kami akan coba berbagi sedikit informasi mengenai lotek legendaris di Kota Bandung yang layak dicoba untuk memperkaya rasa lidah anda.

Lotek Kalipah Apo

Awalnya tempat ini hanya berbentuk warung kecil. Namun sejak dahulu tempat ini sudah dikenal dan didatangi banyak orang banyak. Lotek Kalipah Apo merupakan salah satu lotek legendaris di Kota Bandung, “Dulu yang pertama jualan itu nenek saya, tahun 1953. Kemudian dilanjutkan oleh ibu dan saya adalah generasi ketiga” ungkap Lydia pemilik dan pengelola tempat ini. Cabang yang sudah dibukan di Jakarta, ditujukan untuk orang Bandung yang tinggal di Jakarta dan kangen dengan lotek legendaris ini. Meskipun demikian, makan di tempat pusat Jl Kalipah Apo 42, Bandung tentu akan memberikan nuansa tersendiri bukan?

Lotek Lawas Bandung
Lotek Kalipah Apo

Seperti bukan rahasia umum, bahwa pasangan menu lotek adalah rujak. Hampir sebagian besar tempat yang menjual lotek menyediakan juga rujak. Seiring berjalannya waktu, beraneka ragam menu mulai disajikan tempat ini, seperti bubur ketan hitam, bubur candil dll. Namun kali ini kami hanya mengulas mengenai lotek-nya. Cita rasa khas lotek Kalipah Apo, terletak pada bumbu kacangnya. Yaa kacang adalah bahan utama dalam membuat bumbu lotek, hanya dengan kacang berkualitas sajalah bumbu yang dibuat akan memberikan rasa yang luar biasa. Lotek biasanya disantap langsung di tempat, sehingga segarnya sayuran (tidak berair) dan bumbu kacang terjaga rasanya. Namun ada ciri khas lain dari Lotek Kalipah Apo, yaitu lotek yang dibungkus untuk dibawa pulang, ternyata selama kurang lebih 8 jam tidak berair dan masih dalam kondisi baik.

Jadi buat anda yang ingin mencicipi nikmatnya Lotek legendaris di Bandung ini, ada dua alternatif yang bisa anda pilih, apakah akan langsung makan di tempat? Atau dibungkus/dibawa pulang ? , tidak perlu khawatir, karena bentuk dan rasa tidak akan berubah. Tunggu apa lagi? Segera datang ke tempat jagonya lotek yang satu ini.

Lotek Cipaganti

Lotek legendaris di Bandung berikutnya yaitu Lotek Cipaganti. Pemilik awal warung lotek ini adalah Ibu Absih (alm) yang tinggal di Jl Cipaganti, ini mungkin yang menjadi cikal bakal penamaan Lotek Cipaganti. “Menjual lotek & rujak sudah sejak tahun 1953, namun sejak Ibu tidak ada saya yang meneruskan usaha ini” kata Ibu Siti, yang merupakan generasi kedua penerus usaha keluarga ini. Lokasi Lotek Cipaganti tidak jauh dari Masjid Cipaganti yang sudah melegenda sebelumnya. Anda pasti tidak akan sulit menemukan tempat ini, karena terletak di pinggir jalan utama. sudah sejak tahun 1953 membuat dan menjual lotek

Lotek Lawas Bandung
Lotek Cipaganti

Sejak dulu hingga sekarang, tempat ini selalu saja ramai dikunjungi pelanggan-pelanggan setianya. Tidak terkecuali pelancong lokal dari luar daerah maupun warga Bandung sendiri sering menyantap nikmatnya salah satu lotek legendaris di Bandung ini. “Ari lotek mah ti harita ge sami, tina bahan sareng ngadamelanana ge teu aya nu benten, nyak kitu we” ujar Ibu Siti. Setelah kami perhatikan proses pembuatan dan pengolahan lotek, satu hal yang unik yaitu mutu yang terbuat dari akar bambu. “Ieu dianggo ambeh teu ngareksak coet, dina ngadamel bumbu” ungkapnya.

Coet Cipaganti
Coet Yang Sama Sejak 1985 Digunakan Untuk Membuat Bumbu Lotek

Coet pertama yang digunakan oleh Ibu Absih (alm), masih ia gunakan hingga saat ini, khusus untuk membuat bumbu rujak, begitu pula coet yang satunya lagi untuk membuat bumbu lotek. Pamor lotek legendaris di Bandung seperti Lotek Cipaganti sendiri sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Berbagai kalangan yang menjadi pelanggannya selalu menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini, untuk bernostalgia. Selain bumbu yang kental dan menyatu dengan sayuran, anda akan menemukan dua menu lotek yang jarang bahkan tidak ada di tempat lainnya, yaitu Lotek Asak (sayuran matang direbus) & Lotek Atash (sayuran mentah). Yaa selera setiap orang bisa jadi berbeda-beda, namun meskipun menggunakan sayuran mentah, lotek tetap berbeda dengan karedok. Hal lain yang berbeda dibandingkan tempat lainnya yaitu tempe yang bisa dijadikan alternatif selain tahu atau lontong yang umum digunakan untuk tambahan menu lotek.

Dari sekian banyak tempat lotek legendaris di Bandung , baru dua tempat inilah yang kami rasa tetap eksis dan konsisten dalam meneruskan bisnis jualan lotek dengan tetap mempertahankan kualitas rasa yang terjaga. Selamat berkuliner ria, jangan lupakan dua jagonya lotek ini ketika anda berkunjung ke Bandung.