Makanan Vegetarian Khas Bandung

0
2157
Lalap
Vegetarian Khas Bandung

Vegetarian sudah menjadi fenomena tersendiri di semua kalangan sekarang ini. Bagi anda yang tidak memakan daging, sekali-kali harus mencoba makanan vegetarian khas Bandung. Jadi jangan bilang Bandung tidak punya menu vegetarian.

Lotek

Lotek
Lotek – Vegetarian Khas Bandung

Lotek.. yaa inilah salah satu nama masakan khas Sunda yang ada di Bandung untuk kalian para vegetarian. Makanan ini menggunakan bahan dasar sayuran matang seperti : bayam rebus, mentimun, tahu goreng, tauge rebus. Sebelum menncampurkan aneka sayuran tersebut, biasanya yang sederhana yaitu dengan diulek manual dengan tangan. Proses manual inilah yang memberikan rasa khas dari setiap pembuatnya, begitupula dengan takaran masing-masing bumbu yang dimasukan dalam racikan tersebut. Bumbu lotek memiliki rasa manis yang khas yaitu dengan menggunakan gula merah. Setiap orang mempunyai selera rasa yang berbeda untuk kekentalan / keenceran bumbu, untuk itu proses pengulekan bumbu dilakukan dengan menambahkan sedikit demi sedikit air matang.
Nah setelah takarannya yaitu dari rasa sampai dengan kekentalan bumbu sudah sesuai dengan selera lidah, barulah bahan dasar sayur-sayuran matang dimasukkan sekaligus diaduk dengan bumbu kacang sampai merata. Makanan ini cukup membuat perut anda kenyang, mengingat bumbu dasar yang digunakan adalah kacang tanah. Namun untuk anda yang gembul, Lotek bisa dimakan bersamaan dengan lontong, bahkan nasi sekalipun.

Ulukutek Leunca

Leunca Lada Boga Lakon
Ulukutek Leunca – Vegetarian Khas Bandung

Ngomongin makanan khas Sunda memang tidak ada habisnya, mungkin bisa ada ratusan jenis makanan khas tradisional Sunda. Leunca sendiri biasanya dijadikan menu utama yang disajikan Rumah Makan Sunda. Jadi agak aneh memang jika mengunjungi Rumah Makan Sunda namun tidak disajikan leunca. Langsung saja kami coba perkenalkan makanan yang satu ini yaitu Ulukutek Leunca.
Leunca termasuk jenis makanan sayuran , biasa dikonsumsi sebagai lalapan atau istilah kerennya Salad Sunda. Jika ditelusuri lebih jauh, leunca sebenarnya memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi didalamnya. Mungkin anda banyak mendengar dari orang lain bahwa ulukutek leunca mah pahit ketika dimakan. Saya katakan “Ya” jika leunca yang didapat tua, dan “Tidak” jika leunca tersebut masih muda. Namun bagaimanpun juga, Ulukutek Leunca ini tetap lezat apalagi ketika dimasak dengan oncom yang tidak kalah khasnya.

Karedok

Karedok Boga Lakon
Karedok – Vegetarian Khas Bandung

Makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas tradisional Sunda. Secara keseluruhan baik bahan dasar sayuran dan bumbu, sebenarnya makanan ini hampir sama dengan lotek. Seperti halnya bumbu pada lotek, proses pembuatan bumbu karedok juga dilakukan secara manual yaitu diulek. Bagaimanapun juga perbedaannya yang sangat terlihat yaitu karedok menggunakan bahan-bahan sayuran yang masih segar, dan adanya leunca sebagai tambahan satu sayuran khas tambahan .

Lotek Kalipah Apo
Jl Kalipah Apo No 42
Lotek Cipaganti
Jalan Cipaganti No. 75Y Bandung