Mengenal Kawasan Braga Dari Masa Ke Masa

Mengenal Lebih Jauh Tentang Asal Muasal Terbentuknya Kawasan Braga

0
1540
Kawasan Braga
Ilustrasi Kawasan Braga

Kawasan Braga merupakan salah satu kawasan yang hampir selalu menjadi tempat singgah bagi wisatawan lokal maupun mancanegara dari masa ke masa. Oleh karenanya tidak lengkap rasanya jika bercerita tentang Bandung tanpa mengulas daerah yang satu ini. Sudahkah anda singgah ke ini? Kami coba ulas sedikit mengenai Kawasan Braga populer ini bagi anda.

Concordia - Braga.
Concordia – Braga. Sumber : pinterest[dot]com
Sekitar tahun 1882, ada sebuah perkumpulan drama (tonil) bernama Tonil Braga yang bermarkas di gedung “Pedatiweg” yang kini menjadi Museum Konferensi Asia Afrika. Ini merupakan salah satu hiburan bagi para juragan perkebunan (preangerplanters) yang turun ke kota Bandung setiap akhir pekan. Perkumpulan khusus lainnya untuk orang-orang Eropa pilihan disebut Societeit Concordia, yang diresmikan pada tahun 1879. Tepat di sebelah Concordia ini, sekitar tahun 1920-an dibangunlah sebuah teater bernama “Majestic”, sebuah tempat untuk memutar film-film tanpa suara.

Fasilitas yang lengkap menjadikan Kawasan Braga sebagai tempat bagi para ‘juragan kebun’ untuk menikmati waktu akhir pekan, dan juga sebagai ajang bagi mereka untuk memamerkan kekayaannya. Sekitar tahun 1920-an setidaknya sudah ada tiga toko pakaian yang selalu menyajikan mode pakaian terbaru dari Paris saat itu, yaitu : ‘OB’ (Onderling Blang’), ‘Keller’s Mode Magazijn’ dan ‘Au bon Marche’. Bagi kaum Adam sendiri terdapat sebuah tempat yaitu ‘Fuch & Rens’ yang menjual mobil-mobil keluaran terbaru dari Eropa. Di bagian ujung sebelah utara Kawasan Braga, dekat Pieterspark (saat ini Taman Balaikota) merupakan tempat khusus yang disediakan untuk memamerkan mobil-mobil anyar tersebut setiap akhir pekan.

Kawasan Braga Tempo Dulu
Kawasan Braga Tempo Doeloe. Sumber : youtube[dot]com
Dari hasil usaha perkebunan yang berlimpah para preangerplanters bisa menyimpan uang mereka di ‘Denis’ Bank’ atau ‘Javaasche Bank’ (saat ini Bank Mandiri). Sedangkan untuk menikmati makanan enak dan mewah terdapat tempat yang terkenal yaitu “Het Snoephuis” (saat ini Toko Kue Sumber Hidangan) dan “Maison Bogerijn” (saat ini Restoran & Cafe Braga Permai). Mode fashion yang selalu baru, menu restoran yang saat itu menggunakan bahasa Perancis, menunjukkan bahwa Paris memiliki pengaruh yang cukup kuat saat itu, itu mungkin sebabnya tak heran jika Kota Bandung disebut sebagai “Paris van Java”. Kawasan Braga merupakan tempat yang menyediakan sarana hiburan yang lengkap termasuk hiburan malam saat itu.

Kawasan Braga 2015
Kawasan Braga 2015. Sumber : visitbandung[dot]info
Pada tahun 1920-an daerah ini berada pada masa puncaknya, dimana hampir semua bangunan yang terdapat di sepanjang Jl Braga dirancang oleh arsitek terkemuka Hindia Belanda saat itu. Kini seiring berjalannya waktu, penurunan kualitas lingkungan, lalu lintas serta infrastruktur yang kurang memadai menyebabkan bangunan-bangunan tersebut mulai terabaikan. Meskipun demikian, citra Kawasan Braga sebagai tempat toko-toko ekslusif untuk kalangan atas masih tetap terlihat sampai saat ini. Kita masih bisa menemukan toko-toko seni dan kerajinan (seni lukis, wayang dll) yang masih bertahan, bahkan beberapa toko buku masih menjual buku dan majalah dalam bahasa Belanda. Kawasan ini tetap masih memberikan daya tarik bagi turis domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Bandung.