Museum Geologi Bandung Tempat Wisata Pendidikan Yang Tak Kalah Menarik Di Era Modern Saat Ini

0
1792

Penelitian Geologi, Topografi,dll
Penyelidikan & Penelitian Geologi, Peta Topo Grafi Serta Berbagai Hal Mengenai Ilmu Bumi

Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kalian tentu memiliki beragam alasan mengapa memilih Kota Bandung sebagai tujuan dari serangkaian perjalanan wisata yang sudah direncanakan. Banyak tempat wisata kuliner, belanja dan wisata alam yang menarik perhatian pelancong ketika berkunjung kesini. Meluangkan waktu bersama keluarga, refreshing sejenak melupakan kesibukan pekerjaan dengan perjalanan wisata memang tidak ada salahnya, namun apa salahnya jika kegiatan wisata yang dilakukan bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sedikit mengenai tempat wisata edukasi, yang bisa digunakan sebagai rujukan anda ketika melakukan perjalanan wisata bersama keluarga atau teman-teman anda yang lainnya.

Museum Geologi Memiliki Berbagai Koleksi Yang Memberikan Banyak Wawasan dan Pengetahuan

Koleksi Batuan Mineral
Koleksi Batuan Mineral – Museum Geologi Bandung.
Sumber : indonesiakaya[dot]com
Sebagai salah satu tempat bersejarah, Museum Geologi Bandung pasti membuat wawasan dan pengetahuan anda bertambah. Bagaimana tidak, hampir sebagian besar hasil penelitian dan penyelidikan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kolonial Belanda dahulu kala, ada di tempat ini. Beberapa diantaranya yaitu : koleksi batuan mineral, fosil, artefak dan meteorit, masih dapat anda temui di museum bersejarah ini. Dengan mengunjungi Museum Geologi, anda atau mungkin anak-anak anda akan memperoleh banyak informasi pengetahuan mengenai fenomena geologi yang terjadi di Indonesia serta apa dan bagaimana hubungannya dengan kehidupan manusia, apa dan bagaimana bumi terbentuk serta sejarah kehidupan dari masa ke masa.

Replika Asli TyRex
Replika Tyranosaurus rex – Museum Geologi Bandung.
Sumber : indonesiakaya[dot]com
Museum Geologi Bandung memiliki koleksi utama yang tidak dimiliki oleh museum lainnya dan hal ini tentu menjadi daya tarik utama anda mengapa harus mengunjungi tempat ini. Jika selama ini anda hanya dapat melihat REPLIKA dinosaurus di tempat-tempat wisata lainnya, anda pasti akan terkagum-kagum melihat REPLIKA ASLI dinosaurus karnivora terganas dan terbesar Tyrex (Tyranosaurus rex) di museum ini. Tidak hanya itu saja, koleksi lainnya yang tidak kalah menariknya yaitu : FOSIL ASLI GAJAH PURBA Stegodon Trigonocephalus dan FOSIL MANUSIA PURBA Homo Erectus.

Sekilas Sejarah Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung Tahun 1929
Tampak Depan Museum Geologi Bandung Tahun 1929

Museum Geologi Bandung didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 ini merupakan peninggalan pemerintah Kolonial Belanda, dimana sejak pertengahan abad 17 para ahli Eropa sudah dengan tekun melakukan berbagai penyelidikan mengenai geologi dan tambang di bumi nusantara. Ketika masa revolusi industri mulai bergulir, bahan tambang dipandang sebagai kebutuhan utama negara-negara di Eropa. Itulah mengapa Pemerintah Belanda ketika itu menyadari betapa pentingnya penguasaan sektor pertambangan di bumi pertiwi, yang masih berada dibawah penjajahan mereka. Oleh karena itu dibentuklah sebuah lembaga yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan penyelidikian terhadap berbagai sumberdaya mineral dan geologi.

Museum Geologi Bandung hampir selalu penuh dikunjungi wisatawan, terutama ketika musim libur datang. Mereka yang berkunjung biasanya anak-anak sekolah dari berbagai penjuru kota di Indonesia. Program study tour dari berbagai sekolah mulai dari tingkat SD s/d SMA biasanya menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan mereka. Meskipun demikian bukan berarti museum ini hanya dapat dikunjungi oleh para pelajar saja, pengunjung umum juga diperbolehkan untuk datang ke tempat ini. Demikian ulasan singkat mengenai salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Bandung. Nantikan ulasan kami mengenai wisata edukasi selanjutnya.

Source: Dari Berbagai Sumber