Taman Tematik di Bandung, menarik untuk dikunjungi

Taman Tematik Bandung Mempercantik Kota Dengan Fungsi dan Manfaat

0
2065
Taman_Film
Suasana Sore di Taman Film

Kota Bandung yang dikenal sebagai kota kembang pada saat ini kembali berbenah dan seakan-akan mencoba untuk kembali menyandang sebagai Kota Kembang, yang mana seperti kita ketahui bahwa pada jaman pendudukan Belanda, pemerintah kolonial Belanda membuat dan menyediakan berbagai area terbuka / taman-taman yang tersebar diwilayah kota Bandung.

Hal ini dimanfaatkan oleh walikota Bandung Ridwan Kamil yang memiliki pengalaman sebagai kontraktor untuk mengembalikan kembali taman-taman kota tersebut agar kota Bandung kembali asri dan sesuai dengan sebutannya yaitu Kota Kembang, dengan memanfaatkan area-area pertamanan yang sudah ada maupun area-area yang tidak terawat dan kumuh yang disulap menjadi taman-taman yang menarik dengan tema-tema taman yang menarik pula.

Dengan adanya taman-taman tersebut, maka hiburan di kota Bandung tidak melulu pusat perbelanjaan dan pertokoan saja, lalu disisi lain, taman-taman kota ini juga mengakomodasi penduduk Bandung untuk mendapatkan tempat bersantai untuk menghabiskan waktu ditempat yang nyaman, dan diharapkan bisa digunakan untuk anak-anak muda berkumpul menghabiskan waktu dan beraktivitas bersama dengan teman-temannya secara positif.

Disamping sebagai tempat terbuka umum, taman-taman yang diberikan tema tersebut memiliki nama yang unik dan mengundang penasaran untuk dikunjungi, baik bagi penduduk Bandung maupun dari luar Bandung, mengenai keunikan tersebut mari kita bahas satu persatu keunikan dari taman tematik tersebut.

  • Taman Alun-alun Bandung
alun_alun
Taman Alun-alun

Taman yang memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi dan awalnya berlokasi diseberang jalan Masjid Raya Bandung (Saat ini Alun-alun Bandung sudah menyatu dengan Masjid Raya), yang sedianya merupakan taman kota yang berada ditengah kota dan memiliki sejarah panjang tersebut pada awalnya adalah taman dimana setiap harinya digunakan oleh warga Bandung untuk menghabiskan waktu untuk bercengkrama dengan keluarga maupun anak muda dengan teman-temannya. Taman ini menjadi pusat untuk aktivitas hiburan di jaman dahulu.

Saat ini taman ini baru saja diresmikan kembali oleh walikota Bandung, Ridwal Kamil yang telah merubah penampilan taman kota ini agar lebih nyaman dengan mengubah lapangan rumput yang ada dengan menggantinya dengan rumput sintetis, dan diberlakukannya larangan merokok di area ini sehingga diharapkan area ini menjadi lebih aman dan sehat bagi warga yang mengajak anak-anaknya bermain di taman ini.

  • Taman Tematik Futsal di Supratman
Taman Supratman
Taman Supratman
Taman Supratman dengan Lapangan Futsal
Taman Supratman dengan Lapangan Futsal

Sebagai kota dimana persatuan sepak bola Bandung berada, Walikota Bandung membangun Taman Tematik Supratman yang terdiri dari 6 lapangan futsal, dan siapa saja bisa menikmati atau memanfaatkannya secara gratis, sehingga taman ini banyak dimanfaatkan oleh para warga Bandung baik untuk berolah raga maupun hanya untuk duduk-duduk di fasilitas (kursi-kursi) yang sudah disediakan. Taman Tematik ini kabarnya dilengkapi dengan fasilitas Free Wifi yang menambahkan kenyamanan dalam menikmati suasana.

  • Taman Tematik Pasupati
Taman Pasupati atau dikenal juga sebagai Taman Jomblo
Taman Pasupati atau dikenal juga sebagai Taman Jomblo

Taman Tematik Pasupati yang memiliki luas kurang lebih sebesar 30 x 25 meter ini disebut juga sebagai taman Jomblo karena konon diakibatkan bangku-bangku yang disediakan di lokasi ini adalah bangku yang berjenis single seat atau bangku untuk duduk sendiri. Taman Tematik ini berada di bawah jembatan Pasupati dan Jalan Taman Sari. Seperti Taman Tematik Supratman, taman ini juga dilengkapi dan difasilitasi Free Wifi, sehingga para pengunjung selain dapat menikmati suasana “kolong jembatan” dan “Kursi Jomblo”, pengunjung juga bisa menjadi Jomblo karena autis akibat bermain Handphone disini.

Selain itu untuk sarana olah raga, taman Tematik ini juga dibangun arena skateboard untuk mengakomodasi hobbi dari anak-anak yang senang olah raga ini, agar memiliki tempat yang sesuai dalam menyalurkan hobinya.

  • Taman Tematik Lansia
Taman Lansia
Taman Lansia

Taman Tematik yang berlokasi di jalan Cisangkui dan dulunya bernama taman cisangkui di dekat gedung sate ini diberi nama taman Tematik Lansia (Lanjut Usia), walaupun bernama lansia, taman Tematik ini tidak dikhususkan bagi lansia. Taman ini sering digunakan untuk sarana olah raga dan rekreasi keluarga, serta dijadikan lokasi untuk duduk-duduk santai. Tempat ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat duduk-duduk santai, udara yang segar dan pepohonan yang masih rimbun membuat suasana menjadi nyaman, tenang dan berudara lebih bersih, jadi bagi anda yang ingin menikmati suasana santai di sore hari, atau pagi hari taman ini cukup nyaman dan dapat dijadikan alternatif tujuan.

Sebagai catatan tambahan, untuk sore hari daerah ini, ada kawasan kuliner dimana anda bisa menikmati Bajigur dan Bandrek yang legendaris, serta masih menjaga cita rasa tradisional, sedangkan untuk pagi hingga malam hari anda bisa mencoba untuk minum segelas yoghurt yang juga terkenal yaitu yoghurt cisangkui. Untuk hiburan, diarea ini terutama pada hari libur, terdapat penyewaan kuda, yang mana cukup menarik untuk mengajak si kecil untuk mencoba menaiki kuda atau mencoba menaiki delman berkeliling kawasan ini, sekalian melepas kejenuhan dan stress setelah bekerja keras selama seminggu.

  • Taman Tematik Musik Centrum
Taman Musik Centrum
Taman Musik Centrum

Taman Tematik yang berlokasi dijalan Belitung, dibuat dan diperuntukan bagi para penggemar musik, terutama anak band. Taman ini bisa dijadikan sebagai ajang bagi anak band yang ingin manggung dan menunjukkan kebolehannya, yang mana jika ingin membuat pertunjukkan tersebut, syaratnya cukup mudah yaitu hanya berkoordinasi dan mengajukan perijinan kepada Diskamtam (Dinas Keamanan Pertamanan) dan meminta ijin dari kepolisian jika skala pertunjukkan cukup besar (adapun jadwal maksimal yang diberikan hingga pukul 24.00 atau sesuai ijin dari kepolisian).

Persyaratan tersebut diberikan sebagai salah satu cara agar tidak ada jadwal yang berbenturan dalam penggunaan taman Tematik musik dan menghindari permasalahan akibat tidak adanya koordinasi dalam penggunaan fasilitas tersebut.

  • Taman Tematik Foto
Taman Foto
Taman Foto

Taman Tematik yang awalnya dikenal dengan nama taman Tematik cempaka ini memiliki ciri sebuah ornamen / tugu yang berbentuk huruf “C”, taman Tematik ini berlokasi di Jalan Anggrek, sebagai taman Tematik fotografi, taman ini digunakan untuk mewadahi komunitas foto berkumpul, dan melaksanakan kegiatan. Fasilitas yang disediakan di taman Tematik ini adalah beberapa kelengkapan yang menunjang kegiatan fotografi seperti, cermin, spot foto, tempat duduk, dan area yang cukup luas untuk melaksanakan kegiatan disamping juga dipersenjatai dengan adanya fasilitas Free-wifi.

Nah, bagi BV’ers yang memiliki hobi fotografi dan penasaran mengenai taman ini silahkan berkunjung dan bermain ke taman Tematik ini, siapa tahu selain hobi yang tersalurkan, refreshing juga didapatkan.

  • Taman Tematik Film
Taman Fim di bawah Jalan Pasupati
Taman Fim di bawah Jalan Pasupati

Taman Tematik yang memiliki luas kurang lebih 1.300 meter persegi ini berlokasi dibawah jembatan Pasupati dan Tamansari. Taman Tematik yang dibangun khusus untuk memfasilitasi warga bandung yang ingin menonton film ini memiliki kapasitas 500 orang penonton. Taman Tematik ini dipersenjatai Layar Videotron berukuran 4 x 8 Meter, sound sistem yang memiliki kualitas cukup baik dan diberikan daya listrik sebesar 33.000 watt, sehingga diharapkan bisa memanjakan warga yang ingin menonton di taman Tematik ini.

Untuk menikmati tontonan disini, warga dapat memilih duduk di bangku yang beton atau mau sistem lesehan diatas rumput sintetis yang telah disediakan.

  • Taman Tematik Pustaka Bunga

Taman Tematik yang berlokasi di jalan Cilaki, bersebelahan dengan taman Tematik Lansia ini Taman Pustaka Bungadulu dikenal sebagai taman Cilaki. Taman ini saat ini dipercantik dengan ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis bunga, seperti Amarillis, poisenttia, kalanchoe, bougenville, dan tanaman anggrek langka yang didapat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan suasana yang sejuh, dilengkapi dengan kolam ikan menambahkan keasrian taman Tematik ini sehingga membuat betah para pengunjung yang datang ke lokasi ini. Oh ya, dilokasi ini dilarang membawa makanan, minuman, dan binatang ke dalam taman, hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan menjaga agar taman Tematik ini tetap terawat.

  • Taman Tematik Vanda
Taman_Vanda
Taman Vanda

Taman Tematik ini berlokasi di Jalan Merdeka, diantara gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung. Taman Tematik yang dilengkapi dengan air mancur ini dinamakan Taman Vanda yang diambil dari salah satu jenis Anggrek, didanai dari hasil CSR perusahaan-perusahaan.

Nah, demikian uraian mengenai taman Tematik-taman tematik yang ada dikota Bandung, jika anda datang dan memiliki waktu lebih silahkan kunjungi dan nikmati keasrian dan keindahan taman Tematik-taman tematik tersebut, tapi jangan lupa untuk membantu menjaga keasrian, kebersihan dan kenyamanannya, ya. Selamat berkunjung ke taman Tematik kami, taman warga Bandung.