Tebing Keraton – Pemandangan Alam Fenomenal di Bandung

0
2151
Panorama Tebing Keraton
Panorama Tebing Keraton

Kota Bandung yang dikelilingi pegunungan memberikan iklim wisata bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata alam di sebelah utara Kota Bandung seperti : Ciater, Gunung Tangkuban Perahu, Maribaya,Floating Market, Punclut, Curug Dago, Dago Pakar dan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda mungkin sudah banyak diantara anda yang mengunjunginya. Namun sudahkah anda mengetahui dan mengunjungi salah satu pemandangan alam fenomenal di Bandung yang satu ini? Yaa.. Tebing Keraton adalah tempat wisata yang akan kami ulas bagi anda pengunjung Kota Bandung sekalian.

Sekilas Tebing Keraton

Dahulu warga sekitar mengenalnya kawasan ini dengan nama Pasir (istilah bukit dalam bahasa Sunda) Jontor, juga ada yang menyebutnya sebagai Karang Jontor. Penyebutan istilah tersebut karena posisi tebing yang lebih menjorok ke depan dibandingkan bukit/karang lainnya. Tebing ini awalnya sering dikunjungi oleh kawanan sepeda, bahkan oleh beberapa kawanan sepeda motor.

Tebing ini sudah ada sejak lama, hanya saja baru belakangan ini ramai diberitakan dan diperbincangkan di dunia maya dengan sebutan Tebing Keraton. Lokasi Tebing Keraton berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, yaitu di Desa Ciburial, Kampung Ciharegem Puncak. Dengan ketinggian sekitar 1250 meter diatas permukaan laut anda akan disuguhkan pemandangan alam eksotis/fenomenal yang berbeda dibandingkan tempat lainnya di Bandung.

Pemandangan Alam Fenomenal

Kabut Menyelimuti Perbukitan - Tebing Keraton
Kabut Menyelimuti Perbukitan – Tebing Keraton

Dikelilingi pegunungan dan perbukitan, memberikan banyak alternatif bagi kita untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Tempat-tempat umum dataran tinggi lain biasanya memberikan pemandangan gemerlap lampu Kota Bandung yang romantis, terutama di sore sampai malam hari. Namun demikian, berbeda halnya dengan pemandangan yang dapat anda lihat dari Tebing Keraton. Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam fenomenal di Bandung yaitu kabut yang tebal dan hutan yang lebat di sepanjang hamparan jalur patahan Lembang.

Sunrise - Tebing Keraton
Sunrise – Tebing Keraton
Sumber : pegidulu[dot]com
Anda dapat mengunjungi Tebing Keraton sesaat sebelum matahari terbenam atau matahari bersinar. Di pagi hari sebelum matahari bersinar anda dapat melihat kabut yang masih menyelimuti perbukitan, bergerak perlahan melewati perbukitan hutan pinus dan kemudian digantikan oleh cahaya kuning terang dari mentari pagi. Sedangkan di sore hari anda bisa menikmati betapa indahnya langit berpadu dengan siluet perbukitan sekitar, termasuk Gunung Tangkuban Perahu.

Selain pemandangan alam fenomenal tersebut, dari Tebing Keraton ini pula anda bisa melihat pemandangan Kota Lembang lengkap secara keseluruhan. Hamparan Pohon Pinus yang hijau disepanjang perbukitan, serta aliran sungai yang mengalir dari Curug Maribaya akan melengkapi pengalaman wisata anda.

Pemandangan Fenomenal - Tebing Keraton
Pemandangan Fenomenal – Tebing Keraton

Mengunjungi Tebing Keraton saat ini sudah bisa dikatakan mudah. Selain banyak paket tour wisata yang membuka perjalanan wisata ke tempat ini, anda juga bisa melakukan perjalanan sendiri. Dengan menggunakan kendaraan, perkiraan lamanya waktu dari pusat Kota Bandung menuju Taman Ir.H. Djuanda sekitar 30 menit. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Desa Ciburial kemudian ke Kampung Ciharegem Puncak. Dari sini, sekitar 20 menit anda bisa jalan kaki menuju Tebing Keraton.

Pemandangan alam fenomenal di Tebing Keraton pasti sangat berkesan bagi anda yang hobi menelusuri wisata alam. Tidak bosan-bosannya kami mengingatkan agar kemanapun dan dimanapun anda mengunjungi tempat wisata baik alam tertutup maupun alam terbuka, jagalah kebersihan dan keindahan alam tersebut. Semoga artikel singkat ini bisa menambah referesi perjalanan wisata anda di Bandung. (jnt)