Tips Aman Menggunakan Angkutan Kota

Waspada Demi Menjaga Keselamatan Diri Dengan Bijak

0
1571

Bepergian menggunakan kendaraan umum sebenarnya adalah kegiatan sehari-hari yang mungkin terdengar tidak terlalu sulit dan lumrah, hal inilah yang terkadang menyebabkan kita menjadi lengah sehingga akhirnya mengalami kesulitan dan bahkan menjadi korban kejahatan.

Sebenarnya Polda Metro Jaya pernah memberikan 8 Tips aman naik angkutan kota (angkot) yang isinya antara lain:

  1. Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum (perhiasan, HP, dll)
  2. Pakailah baju yang sopan dan tertutup
  3. Selektif dalam memilih angkot (pilih angkot dengan kaca bening, sopir berseragam, ada ID card, dan lampu penerangan di dalam)
  4. Sebelum naik angkot, ingat dan catat pelat nomor kendaraan (bila perlu SMS ke orang dekat Anda)
  5. Pastikan Anda mengetahui nomor trayek dan arah tujuannya
  6. Hindari tidur di dalam Angkot, hindari menerima makanan atau minuman dari orang lain yang baru Anda kenal dan tetap waspada terhadap penumpang lain (bila ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik Anda segera turun di tempat yang aman)
  7. Selalu ingat bila perlu disimpan dalam kontak HP atau dicatat nomor-nomor penting yang bisa Anda hubungi saat darurat
  8. Lebih baik ada seorang teman yang mendampingi Anda saat naik angkutan kota (khususnya pada malam hari).

Nah, tips diatas sudah mencakup dasar keselamatan dan keamanan dalam berangkot ria, namun, jika ingin ditambahkan ada beberapa point penting yang perlu untuk diingat yaitu:

  1. Usahakan jika membawa dompet / barang berharga, anda letakan dilokasi yang sulit untuk diambil atau dijangkau tanpa anda sadari.
  2. Jika anda diajak berbicara ataupun berkomunikasi dengan orang lain dalam angkot, tingkatkan kewaspadaan, karena tidak jarang hal ini dilakukan agar kewaspadaan anda menurun sehingga rekan dari yang mengajak anda bicara bisa melancarkan aksinya.
  3. Usahakan anda berada/ duduk tidak diapit oleh orang-orang yang baru naik angkot, hal ini untuk menghindari anda duduk diantara dua orang yang mencari korban.
  4. Bagi wanita, hindari untuk menaiki angkot yang berkaca film sangat gelap, dan didominasi oleh pria, terutama di malam hari, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian tips yang berhasil kami himpun dan semoga dapat dijadikan masukan bagi VB’ers dimanapun berada dalam menggunakan kendaraan umum dalam hal ini angkot. Selamat beraktivitas dan selamat sampai tujuan.

TIDAK ADA KOMENTAR