Wisata Kuliner Lawas di Kota Bandung – Rumah Makan Linggar Jati

0
1911

Kota Bandung menyimpan sejuta pesona kuliner yang membuat lidah anda ketagihan. Menikmati kuliner ditempat-tempat modern yang penuh dengan berbagai fasilitas tentu sudah bukan hal yang baru. Ketika anda mengunjungi suatu tempat kuliner, apakah anda mencari kenyamanan dan kelengkapan fasilitas dari tempat kuliner tersebut, atau justru kenikmatan kulinernya yang anda cari? Jika pada artikel lain kami pernah mengulas tentang Sumber Hidangan dan Braga Permai sebagai tempat wisata kuliner lawas di Kota Bandung, maka kali ini kami akan coba perkenalkan satu tempat wisata kuliner lawas di Kota Bandung lainnya yang mungkin belum pernah anda coba yaitu Rumah Makan Linggar Jati.

Suasana Rmah Makan Linggar Jati Bandung
Suasana Sederhana – Rumah Makan Linggar Jati Bandung

Rumah Makan Linggar Jati berada di dekat alun-alun Kota Bandung, yaitu di dekat Dian Theatre, salah satu bioskop tertua di Kota Bandung, sayangnya saat ini sudah beralih fungsi. Di sebelah bangunan ini anda akan menemui sebuah jalan kecil yaitu Jalan Balong Gede, nah disinilah Rumah Makan Linggar Jati berada. Berada di sebelah kiri jalan, anda akan menemukan satu bangunan tua yang didominasi dengan cat dasar berwarna hijau. Inilah tempat wisata kuliner lawas yang kami maksud. Suasana tempat dan dekorasi ruangan yang sangat sederhana terlihat dari bentuk meja dan kursi serta kipas angin yang tergantung diatas.

Baso Pangsit  Linggar Jati
Baso Pangsit – Rumah Makan Linggar Jati Bandung

Rumah Makan Linggar Jati didirikan pada tahun 1950 dan hingga saat ini dikelola oleh generasi kedua. Meskipun sudah sekian lama membuka usaha tempat kuliner, mereka tetap menjaga cita rasa khas dari setiap makanan dan minuman. Inilah yang membuat para pelanggan setia selalu kembali ke tempat ini, sekalipun hanya sekedar untuk bernostalgia dengan tempat wisata kuliner lawas di KotaBandung yang satu ini. Buat anda yang belum pernah ke tempat ini, tentu bertanya “menu utama apa saja yang layak saya coba disini?”

Menu Utama Khas Sebagai Andalan

Yamin Asin Linggar Jati
Mie Yamin Asin – Rumah Makan Linggar Jati Bandung

Sejak didirikan, Rumah Makan Linggar Jati memiliki dengan menu utama khas sebagai andalan yaitu : Mie Baso Kuah (Baso,Pangsit,Babat), Mie Yamin (Asin / Manis) dan baso tahu kuah. Mie khas berukuran tebal dan baso daging yang lembut, serta rasa bumbu manis/asin yang bisa dibiliang hampir tidak pernah berubah rasa, pasti membuat rasa rindu para pelanggan semakin tebal untuk kembali singgah ke tempat ini. Bagi anda yang belum pernah mencoba mie baso dan baso tahu kuah khas Rumah Makan Linggar Jati, kami sarankan untuk mencobanya ketika berkunjung ke Kota Bandung. Terdapat banyak sekali penjual penganan mie di Kota Bandung, namun anda akan segera tahu apa yang membedakan mie di tempat ini dengan tempat lainnya.

Menu Penutup Yang Wajib Dicoba

Es Alpuket Linggar Jati
Es Alpuket – Rumah Makan Linggar Jati Bandung

Menu penutup yang umumnya tidak menarik perhatian banyak orang, sebut saja : Es Jeruk, Susu Soda, Es Campur dll. Namun diantara menu penutup yang disajikan tersebut ada yang wajib anda coba yaitu Es Alpukat dan Es Shanghai. Es Alpukat mungkin dipandang banyak orang sebagai hidangan biasa, lantas apa istimewanya menu yang satu ini? Anda mungkin sudah terbiasa dengan Jus Alpukat, namuni bukan Jus Alpukat melainkan Es Es Alpukat. Apa yang membedakannya? Pembuatan Jus berdasarkan prosesnya, entah apapun nama jus itu, biasanya menggunakan mesin blender. Jadi es dan daging buah alpukat dilembutkan oleh mesin blender,itulah Jus Alpukat. Sedangkan Es Alpukat tidaklah demikian, daging buah alpukat ditumbuk secara manual dengan menggunakan peralatan sederhana, setelah selesai baru kemudian diberik es serut, sedangkan pemanis tambahan yang diberikan adalah gula aren. Serat daging buah alpukat akan terasa lebih alami di lidah anda, yaa bukan seperti biasanya Jus Alpukat yang sudah sering anda coba.

Es Shang Hai Linggar Jati
Es Shang Hai – Rumah Makan Linggar Jati Bandung

Selain Es Alpuket masih ada menu penutup lainnya yang tidak kalah menariknya untuk dicoba yaitu Es Shanghai. Es Shanghai sekilas terlihat hampir sama dengan Es Campur atau Sop Buah, lantas apa yang membedakan? Aneka jenis bahan dan buah yang terdapat dalam Es Shanghai adalah buah : Alpukat, Kolang-Kaling, Cincau Hitam, Pepaya, Bengkuang, Kelapa dan Leci, serta pemanisnya menggunakan sirup buah Campolay. Dari komposisi anda tentu sudah tahu apa yang menjadi pembedanya dibandingkan dengan es campur atau sop buah bukan?

Nah bagaimana, menarik bukan? Soal rasanya seperti apa, tidak semudah kami mendeskripsikannya bagi anda, yang jelas hanya satu kata “nikmat”. Oleh karena memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan kuliner sejenis ditempat lainnya, anda harus mencobanya sendiri sebelum memberikan komentar mengenai semua menu diatas. Demikian ulasan singkat kami mengenai wisata kuliner lawas di Kota Bandung, semoga bisa menambah daftar wisata kuliner anda semua. Selamat mencoba dan menjelahi wisata kuliner lawas di Kota Bandung bersama kami di kesempatan lain. Wilujeung tepang 😉 (jnt)

Note :
Satu hal yang perlu dicatat yaitu semua menu makanan di Rumah Makan Linggar Jati adalah halal. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan menu apapun yang dipesan disini.

Lokasi Rumah Makan Linggar Jati
Jl Balong Gede No 1
Bandung